Antikorupsi Kelas X (part II)

16 Jul 2021 62

Tanggungjawab

      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi cetakan ketiga 1990, tanggungjawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkaran dan sebagainya).
      Kewajiban siap menagnggung resiko amanah, berani menghadapi, tidak mengelak, ada konsekuensi berbuat yang terbaik. Kata tanggung jawab berasal dari kata tanggung dan kata jawab. Kata tanggung bermakna beres, tidak perlu khawatir (Pusat Bahasa Depdiknas, 2002: 1138). Tanggung jawab berarti keadaan wajib menanggung segala sesuatunya atau fungsi menerima pembebanan sebagai akibat sikap pihak sendiri atau orang lain (Pusat Bahasa Depdiknas, 2002: 1139). Tanggung jawab adalah melaksanakan tugas dengan sungguh- sungguh dari orang lain atau diri sendiri hingga selesai atau sanggup menanggung resiko dari apa yang telah dikerjakan atau diperbuat (Surono (ed), t.th: 16). Tanggung jawab berarti bahwa orang tidak boleh mengelak bila diminta penjelasan tentang perbuatannya (Bertens, 2001: 125).
      Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Kata tanggung jawab itu sendiri berarti siap menerima suatu kewajiban dan berani menerima resiko dari hasil tugas atau kewajiban dan berani kita jalani. Seseorang dapat dikatakan bertanggung jawab apabila ia dapat menerima suatu kewajiban dan kemudian dapat menyelesaikan dengan baik. Karakter tangungjawab harus selalu dibangun sejak dini karena ketika anak diberi tanggung jawab yang ringan maka ia dapat menyelesaikan tanggung jawab yang lain. Seperti yang tertulis di dalam Kitab Suci, “Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.” Amsal 6:6-8
      Ayat tersebut mengajarkan pada kita agar kita melakukan pekerjaan kita dengan rajin dan tekun. Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sering tidak melakukan tugas dengan sungguh-sungguh ketika tidak ada guru atau atasan yang sedang mengawasi kita dan baru akan bekerja keras ketika kita sedang diawasi. Sikap seperti ini menunjukkan tidak adanya integritas dalam melakukan pekerjaan kita.Sikap tidak bertanggung jawab tersebut haruslah kita jauhkan dari diri kita.


Sederhana


      Sederhana berarti bersahaja, tidak berlebihan (pusat bahasa Depdiknas, 2002;1008). Hidup sederhana berarti hidup bersahaja dan tidak berlebih-lebihan yang didasari oleh suatu sikap mental rendah hati. Kata kunci sederhana (Tamrin, 2008;19) :
A.   Bersahaja
B.   Tidak Berlebihan
C.   Secukupnya
D.   Sesuai Kebutuhan
E.   Apa Adanya
F.    Rendah Hati
      Dengan membaca dan melaksanakan aktivitas, mampu menjad iantikorupsi yang menjelaskan pengertian sederhana serta menyebutkan manfaat karakter sederhana.Wujud dan nilai kesederhanaan dalam kehidupan disekolah berpakaian dan menggunakan aksesoris tidak berlebihan, tidak boros dalam memenuhi kebutuhan hidup, tidak suka pamer kekayaan serta hemat dalam penggunaan air, listrik dan energi lainnya.Tingkatkan empati pada kaum papa, seringlah menengok kebawah sehingga akan membuat senantiasa bersyukur. Gunakan harta kita untuk menambah harta diakhirat dengan memperbanyak sedekah akan memperbanyak pula rezeki kita.
      Dengan membaca dan melaksanakan aktivitas, mampu menjadi antikorupsi yang mampu menjelaskan pentingnya bersyukur dan mengaplikasikan pola hidup sederhana. Menerapkan pola hidup sederhana bukan berarti identik dengan kemiskinan. Sederhana artinya tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan. Kelihatannya mudah, justru mnerapkan pola hidup yang  apa adanya ini bisa menjadi amat sulit buat sebagian orang. Pola hidup Hedonisme atau berorientasi pada kebendaan kini amat mewabah. Kalangan remaja menjadi sasaran empuk untuk terjebak dalam hedonisme. Sebagian remaja yang ingin tampil trendi saat ini banyak sekali keperluan sehari-hari yang kerendan mahal karena bermerek.
Buku mini tokohidolaku …
    Artikel yang mencantumkan tokoh pebisnis yang sukses namun memilih hidup sederhana dan dermawan yang dapat memberikan inspirasi pola hidup sederhana. Tingkatkan rasa percaya diri. Setiap manusia diciptakan dengan segala kelemahan dan kelebihan.