Sosialisasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB)

Sosialisasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB)

BNN dan Dinas PPKB Pemberian materi bahaya penyalahgunaan Narkoba sangat penting sebagai generasi muda dalam pencegahan pernikahan dini, seks bebas dan penyalahgunaan Napza. Kegiatan tersebut dilaksanakan karena meningkatnya kejadian yang menimpa anak-anak di masa pandemi Covid 19. Seperti yang diketahui bahwa meningkatnya Pernikahan Usia Dini di masa Pandemi ini ditengarai terjadi akibat permasalahan ekonomi, perubahan pola hidup dimana masyarakat yang harus bekerja dari rumah, anak-anak bersekolah dari rumah dan tidak dapat bepergian maupun beraktivitas secara bebas sebagaimana biasa dilakukan sebelum masa Pandemi.

Selain faktor ekonomi dan sosial, penyebab lainnya yang dapat mendorong peningkatan pernikahan usia dini yaitu adanya celah aturan dan budaya yang memungkinkan diperbolehkannya pernikahan dini.

Harapan dari kegiatan tersebut dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi anak jika menjadi ibu. Lalu tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk menekankan peningkatan angka pernikahan usia dini. Dan agar tidak menimbulakan permasalahan baru yang lebih pelik apabila tidak ada tindakan/upaya pencegahan.