Polantas Polres Kabupaten Tanggamus Melakukan Sosialisasi Pentingnya Penggunaan Helm Untuk Pengendara Kendaraan Roda Dua

Polantas Polres Kabupaten Tanggamus, Melakukan sosialisasi pentingnya penggunaan helm untuk pengendara kendaraan roda dua, seringnya terjadi kecelakaan maut akibat pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa jika tidak memakai helm, saat terjadi kecelakaan tentunya benturan yang dialami kepala pengendara akan sangat keras. Risiko terparah bahkan bisa mematikan. Namun ironisnya masih banyak orang yang menganggap pemakaian helm hanya bertujuan untuk menghindari tilang dari polisi yang bertugas. “Pahami Lagi Pentingnya Pakai Helm Saat Naik Motor”.

Penggunaan helm wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi, karna helm dapat menyelamatak kita dari kecelakaan yang dapat mengakibatkan kematian. Pendidikan tentang keselamatan berkendara bagi para pengendara motor menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan. Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara, meningkatkan kesadaran pengendara motor akan pentingnya helm bisa dilakukan dengan pendidikan sejak dini soal keselamatan berkendara di sekolah. Sehingga masyarakat paham pentingnya helm sejak usia belia.

Pengguna kendaraan pun banyak juga ragamnya, dari anak – anak sekolah sampai yang bekerja.Dan para pengguna kendaraan harus mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Patuh lalu lintas jalan dengan baik dan benar itu tidak sulit, kalau kita tidak tahu bagaimana cara penerapan yang baik dan benar. Tapi kenapa masih banyak juga kita sebagai pengendara melalaikan tata tertib lalu lintas ini?.

Oleh karena itu, perlunya tertib lalu lintas harus ditanamkan sejak usia dini, karena melalui pendidikan sejak dini diharapkan akan dapat membentuk generasi muda yang  patuh akan hukum, khususnya patuh berlalu lintas. Pendidikan berlalu lintas sejak dini, akan sangat bermanfaat bagi generasi penerus bangsa kita, karena dengan mengetahui peraturan lalu lintas. Tentunya, pelanggaran berlalu lintas akan dihindari.

Selain murid dari tingkat TK , tingkat SD sampai ke tingkat SMA/SMK hingga ke mahasiswa juga harus  mendapatkan penjelasan dan sosialisasi aturan tentang rambu-rambu berlalu lintas dengan baik. Tidak hanya anak-anak sekolah saja yang harus mendapatkan pendidikan berlalu lintas tetapi organisasi mapun masyarakat umum atau non organisasi juga harus mendapatkannya.

Dengan diadakan sosialisasi dan penjelasan tertib berlalu lintas ini diharapkan, pelajar dan masyarakat kita dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalulintas dengan benar. Dengan mematuhi rambu – rambu lalu lintas, akan dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Dimulai dengan keseharian kita sebagai pengendara, tentunya kita harus  memiliki kendaraan dan perlengkapan yang baik  sebagai berikut :

  • Ikuti Peraturan Lalu Lintas yang ada di Daerah kita
  • Guanakan Helm yang Berstandar
  • Gunakan Kelengkapan Kendaraan dengan baik
  • Gunakan Sabuk Pengaman saat  Berkendara
  • Gunakan Jaket atau Pengaman untuk Diri Anda jika Berkendara Panjang
  • Selalu bawa Kelengkapan Data Diri dan Kendaraan
  • Jaga dan Rawatlah  Savety kendaraan dengan Baik


Oleh karena itu Mari kita terapkan tertib lalu lintas sejak usia dini, Polantas Polres Kabupaten Tanggamus.