MATERI KELAS XII (DUA BELAS) ANTI KORUPSI PART I

25 Aug 2021 30 MATERI KELAS XII (DUA BELAS) ANTI KORUPSI PART I

MATERI KELAS XII (DUA BELAS) ANTI KORUPSI

PART I

 

 

JUJUR


Upaya mennamkan nilai yang terus mnerus tanpahenti-henti dalam kebersamaan, pelan-pelan akan berhasil tertanam semakin lama semakin dalam, membentuk sifat kebiasaan dan kepribadian.

a) Kepercayaan ibarat jalan yang jalurnya dua arah, kita mendapat akepercayaan apabila kita memberikan kepercayaan. apabila menginginkan hubungan dengan orang lain dibangun atas dasar kepercayaan, maka kita harus percaya orang lain sebagaimana kita percaya pada diri sendiri

b) Kita harus selalu menjaga kepercayaan, apabila mereka tidak mempercayai lagi, sebaiknya ditanyakan langsung mengapa tidak muncul kepercayaan lagi.

c) Kadang-kadang orang tidak mempercayai anda karena perbuatan teman atau orang terdekat. Argumen dengan kata-kata tidak akan mmbantu, buktikan dengan perbuatan bahwa kita dapat dipercaya

d) Kadang-kadang kepercayaan orang kepada kita, harus diperjuangkan. Apabila, kita dipercaya namun kita mneghianatai kepercayaan tersebut, tentu saja orang lain akan marah dan hilang kepercayaan kepada kita. Pabila sudah terjadi, kita tidak perlu putus asa, karena kepercayaan dapat dibangun kembali.

e) Untuk mendapatkan kembali kepercayaan yang sempat hilang, kedua pihak harus sama-sama mempunyai keinginan membangun kembali.

f) Sebagian orang yang pernah disakiti pada masa lalu, akan susah mempercayai orang lain. Buktikan dengan berjalannya waktu bahwa kita memang layak dipercaya.

1.   Kepercayaan merupakan bagian penting dalam segala jenis hubungan.

2.   Kepercayaan merupakan hadiah.

 

 

Allah sendiri selalu meminta umatNya untuk jujur supaya berkenan di hadapan Allah. Oleh karena itu ini merupakan salah satu hal penting dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Jangan sampai mudah melakukan kebohongan atau dusta. Sebab bohong dibenci Allah dan hanya mendatangkan murka Allah. Sebab itu umat Kristen harus


rajin melakukan cara berdoa dalam Roh, sehingga selalu mampu berbuat sesuai tuntunan kurnia roh kudus untuk mau jujur dalam kehidupan. Secara lebih lengkapnya, berikut ini ayat Alkitab tentang kejujuran yang sebaiknya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Amsal 11:3 “Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya.”

 

Tat Twam Asi adalah ajaran tata susila dalam agama Hindu. Susila adalah istilah adalah istilah lain dari Ethika dan moral, merupakan dua buah kata dalam kehidpan yang dipergunakan dalam kehidupan yang dipergunakan silih berganti untuk yang sama. Kata Susila terdiri dari kata” Su” yang berarti baik dan “Sila” berarti segala kebiasaan yang atau tata laku. Susila berarti perbuatan yang baik atau tata laku yang baik. Jadi Susila adalah peraturan tingkah laku yang baik dan yang mulia yang harus menjadi pedoman manusia.

 

DISIPLIN

 

Disiplin bersal dari akar kata disciple yang berarti belajar. Smentara pengertia disiplin adalah sikap mental untuk melakukan hal-hal yang seharusnya pada saat yang tepat dan benar-benar menghargai waktu. Cara melatih untuk menumbuhkan disiplin :

a.   Menetapkan tujuan

b.   Membuat perencanaan

c.   Fokus

d.  Komitmen

e.   Konsisten

f.    Terus berlatih

g.   Mencari role model

 

Hukum adalah aturan yang bertujuan mengatur pergaulan hidup dibuat oleh lembaga yang berwenang bersifat mengikat dan memaksa dan dikenakan sanksi bagi yang melanggar. Sesuai dengan pasal 1 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945 bahwa “Negara Indonesia adalah Negara hukum” Yang dimaksud Negara hukum adalah segala kehidupan keNegaraan selalu berlandaskan pada hukum dan Negara yang menegakkan super masih hukum untuk menegakkan keadilan dan kebenaran.