MATERI KELAS XII (DUA BELAS) ANTI KORUPSI PART II

25 Aug 2021 68 antikorupsi kelas XII

TANGGUNG JAWAB

 

Hal penting tentang tanggungjawab :

a.       Patuh

b.      Kerjakan

c.       Peduli

d.      Amanah

e.       Jangan lari dari tanggungjawab

 

Tanggungjawab merupakan ciri jiwa ksatria. Bertanggung jawab berarti berani mengakui kesalahan dan menerima sanksinya. Seseorang yang mengakui kesalahan menerima sanksinya. Seeorang yang diserahi amanah dan tanggugjawab sebuah jabatan harus menjalani peran dan tugas jabatan sebaik-baiknya. Tidak diperkenankan menyalahgunakan posisinya untuk kepentingan pribadi, apalagi yang bisa merugikan kepentingan orang banyak. keberhasilan proses perlindungan dan penegakan hukum bergantung pada beberapa faktor :

 

a.       Hukum

b.      Penegak hukum

c.       Masyarakat

d.      Sarana atau fasilitas yang mendukung penegakan hukum mencakup tenaga manusia yang terdidik dan terampil

e.       Kebudayaan

 

Sebagai hasil karya cipta dan rasa yang didasarkan pada karsa manusia di dalam pergaulan hidup yang mencakup nilai-nilai yang mendasari hukum yang berlaku.


Dalam hal ini, Sang Buddha pernah menerangkan di dalam Sigalovāda Sutta, Dīgha Nikāya tentang kewajiban orangtua terhadap anaknya. Ada lima cara, yaitu:

a.       Mencegah anaknya berbuat jahat;

b.      Menganjurkan anaknya berbuat baik;

c.       Memberikan pendidikan yang sesuai untuk anak-anaknya;

d.      Mencari pasangan yang sesuai untuk anak-anaknya;

 


SEDERHANA

 

Menerapkan pola hidup sederhana merupakan cara aman dan jitu untuk menghindarkan tindakan korupsi. Puas dengan kehidupan sederhana tak akan memotivasi berbuat curang atau mencuri hak orang lain. Dengan membaca dan melaksanakan aktivitas, mampu menjadi antikorupsi yang mampu menjelaskan pentingnya bersyukur dan mampu menjadikan diri contoh dalam menjalani pola hidup sederhana. Bila Indonesia mau memberantas korupsi ada konsekuensi yang harus ditanggung, dan berbuat yang terbaik (Bahri, 2008: 14; Tamrin, 2008: 18). Wujud nilai tanggung jawab di antaranya adalah belajar sungguh- sungguh, mengerjakan tugas tepat waktu, memelihara amanah ketika mendapat tugas atau menempati posisi tertentu dalam kegiatan (kepanitiaan),  dan  lulus tepat waktu dengan meraih nilai baik.

 

KERJAKERAS

 

Sikap yang diharapkan dari kerjakeras dalam penidikan antikorupsi adalah :

a.       Kuat

b.      Gigih

c.       Usaha

d.      Obsesi

e.       Tabah

f.       Liat

g.      Mempunyai impian

h.      Keras pendirian

i.        Bekerja keras

j.        Pantang menyerah

k.      Terus berharap

l.        Sungguh-sungguh


MANDIRI

 

Langkah-langkah dalam mencapai kemandirian :

a.       Dimulai dari rumah

b.      Pergi dan pulang sendiri

c.       Selesaikan masalah sendiri

d.      Menabung

e.    Belajar mencari uang saku

 

ADIL

 

Ada banyak cara agar kamu bisa bersikap adil. Kamu bisa berbagi dan bergantian. Kamu bisa memutuskan untuk tidak cemburu kepada sesorang. Kamu biasa  menunjukan sikap hormat terhadap orang lain seandainya pun mereka lain dari dirimu. Kamu bisa menemukan cara yang baik untuk bersikap kerita seseorang tidak adil terhadapmu. 

a. Adil ialah meletakkan sesuatu pada tempatnya 

b. Adil adalah menerima hak tanpa lebih dan memberikan hak orang lain tanpa kurang 

c. Adil adalah memberikan hak setiap yang berhak secara lengkap tanpa lebih tanpa kurang antara sesama yang berhak, dalam keadaan yang sama dan penghukuman bagi orang yang melanggar hukum sesuai dengan kesalahan dan pelanggaran yang dilakukannya. 

Di dalam bahasa inggris keadilan ialah “justice”. Makna kata justice tersebut terdiri dari 2 makna, yang pertama justice secara atribut dan yang kedua makna justice secara tindakan. Makna justice secara atribut berarti suatu kualitas yang adil. Sedangkan makna justice secara tindakan berarti suatu tindakan menjalankan serta menentukan hak atau hukuman dalam (Hilda, 2015).

 

Bicara mengenai keadilan, tentu kita ingat bunyi dari salah satu dasar negara kita Pancasila, yaitu “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” yang merupakan sila ke- dalam Pancasila. Menurut Thomas Hubbes memaknai arti keadilan itu merupakan sesuatu perbuatan yang dikatakan adil jika telah didasarkan pada suatu perjanjian yang telah disepakati. Hal ini berarti berhubungan dengan hak dan kewajiban dalam suatu kesepakatan dalam mendapatkan sesuatu. Ketika. Keadilan terwujud dalam masyarakat apabila setiap anggota masyarakat yang bernegara melakukan fungsinya secara baik menurut kemampuannya, fungsi disini berhubungan dengan penguasa.

 

Hak dan kewajiban warga negara juga tidak dapat dipisahkan karena bagaimanapun dari kewajiban itulah muncul hak dan begitupun sebaliknya.Akan tetapi, sering terjadi pertentangan karena hak dan kewajiban tidak seimbang.