Pesantren Kilat SMAN 1 Gunung Alip 1443 H

Definisi Pesantren Kilat

 

Untuk mengenal apa pengertian pesantren kilat, pesantren kilat berasal dari dua susunan kata atau istilah, yakni pesantren dan kilat. Pesantren sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan keagamaan yang mengajarkan materi-materi berpedoman dari Al-Quran.

Sedangkan kilat bisa diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan dalam waktu yang singkat atau cepat. Jadi pesantren kilat adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan secara singkat, dan dilakukan rutin di bulan ramadhan oleh lembaga pendidikan untuk memotivasi para peserta didik di lingkungan sekolah, dengan mengajarkan beberapa pelajaran penting. Bagi peserta didik yang beragama Islam, kegiatan ini wajib untuk diikuti.

Tujuan dan Manfaat Pesantren Kilat

Pesantren kilat ramadhan secara tidak langsung memberikan manfaat bagi para peserta didik ataupun para warga sekolah. Tujuan diadakannya kegiatan sanlat ini sendiri adalah agar menjadikan peserta didik lebih paham agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pesantren kilat (sanlat) ramadhan ini berisi materi-materi yang menarik seperti: 

Belajar Baca Al Qur’an (BBQ), Murajaah Hafalan Al-Qur’an, Shalat Dhuha, Materi Ramadhan, Hafalan Hadits, Hafalan Do’a, Cerita Islami dan Nonton Film Islami. Kegiatan pesantren kilat di SMAN 1 Gunung Alip diadakan selama 4 hari yaitu 2 hari untuk kelas X dan 2 hari untuk kelas XI dimulai pada tanggal 18 – 21 April 2022. Alhamdulilah kegiatan pesantren kilat berjalan dengan lancar.

Semoga kegiatan ini meski dilaksanakan dalam waktu singkat dapat memberikan yang terbaik tata cara berpuasa menambah wawasan, dan dapat membentuk karakter islami menjadikan ahli fikir, ahli zikir, dan ahli iktiyar.