IHT Penguatan Kurikulum 2013

IHT Penguatan Kurikulum Tahun 2013 dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada kamis-jumat, 18-19 Juli 2019. kegiatan yang dibuka oleh KUPTD Wilayah III yaitu Zaikadir, S.Sos, M.H ini di mulai pukul 08.00 s.d pukul 15.30. Dalam sambutannya di sampaikan bahwa Menjadi guru merupakan panggilan sekaligus pengabdian di masa – masa era globalisasi ini Menjadi guru juga penuh dengan tantangan. Kebijakan pemerintah khususnya bagi guru bersertifikat profesi menjadikan guru bisa menjadi lebih baik. Disampaikan pula oleh KUPTD terkait diperoleh nilai akreditasi SMA Negeri 1 Gunung Alip dengan nilai 93 predikat A.


dilanjutkan materi tentang Model model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang disampaikan oleh DR. Undang Rosidin, M.Pd. disampaiakan bahwa menajdi guru itu terbagi menjadi beberapa kategori yaitu :
  1. guru yang biasa yaitu guru yang memberi tahu
  2. guru yang baik yaitu guru yang menjelaskan
  3. guru yang lebih baik yaitu guru yang mendemosntrasikan
  4. guru yang terbaik yaitu guru yang memberi inspirasi

dihari kedua IHT dengan nara sumber dari Instruktur Provinsi Kurikulum 2013 disampaiakn tentang langkah dan proses pembuatan perangkat kurikulum yang harus dimiliki oleh guru. mulai dari kalender pendidikan, analisis pekan efektis, program tahunan, program semester, analisis SKl, KI dan KD, Analisis penentuan KKM, silabus, RPP bahan ajar dan Instrumen penilaian. Instrumen penilaian mulai dari kisi kisi pembuatan soal, soal, Pedoman penskoran dan kunci jawaban. 

di sesi akhir disampaikan materi pemanfaat Teknologi dan ilmu pengetahuan oleh Bapak Musa Nurrasyid, S.Pd.
Kegiatan IHT ditutup pada Jumat 19 Juli 2019 pukul 15.00. dengan harapan tercapainya tujuan IHT Penguatan Kurikulum  2013 yaitu 

1.          Meningkatnya pemahaman guru dalam pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013.

2.          Meningkatnya kemampuan dan pemahaman guru dalam mengembangkan pembelajaran saintifik

3.          Meningkatnya kemampuan dan pemahaman guru dalam merancang dan melaksanakan penilaian autentik

4.          Tersusunnya Perangkat Pembelajaran berupa Analisis KKM, Program tahunan, Progam semester, analisis pekan efektif, silabus mata pelajaran ,Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , instrumen penilaian dan bahan ajar yang diperlukan untuk kelas X,XI dan XII.